Lompat ke isi utama
x

Deskripsi Pusat Riset Pertanian Organik

Pusat Riset Pengembangan Pertanian Organik ini merupakan salah satu pusat riset yang membahas tentang pertanian serta penggunaan bahan bahan organik dalam pengembangan komoditi pertanian. Pusat Riset ini berdiri sejak tahun 2018 yang di prakarsai oleh Bapak Dr. nat. techn. Syafruddin, SP., M.P, beliau merupakan lulusan Austria yang konsen terhadap semua penggunaan bahan bahan organik dalam pengembangan pertanian. Beberapa riset yang dilakukan do dalam pengembangan organik ini adalah pengembangan mikoriza, yang di aplikasikan pada tumbuhan palawija dan tumbuhan-tumbuhan lainnya. Beberapa project dalam pusat riset ini terutama pada pengembangan Cabe Merah, Bawang Merah serta tumbuhan yang semusim. Semua hasil dari pengembangan ini ditujukan kepada masyarakat luas serta pengembangan teknologi dalam berbagai hal.

Pusat riset pengembangan pertanian organik ini tidak saja dari bidang ilmu yang sama namun kita berkolaboasi semua pihak baik Fakultas pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Mipa, dan Kelautan serta berbagai bidang ilmu untuk pengembangan riset dibindan Pertanian Organik.

Outpun yang kita harapkan disetiap tahunnya adalah adanya kerjasama dengan pihak BUMN, Pemerintah serta pihak donor yang akan mengembangkan pertanian di Aceh dan di Indonesia. Selain itu mengajarkan mahasiswa dan juga alumni dalam mengembangkan ilmu pertanian yang lebih moderen melalui inovasi-inovasi pengembangan riset. Kolaborasi riset antar universitas dan juga kolaborasi antar negara dalam bentuk pengembangan riset berbasis organik.

Pusat riset ini berkembang dengan adanya bentuk dukungan dan kerjasama yang baik terhadap universitas dan juga pihak pihak lain yang mengsupport semua kegiatan di pusat riset pengembangan pertanian organik.